Rahmatullah
Class
of IKK231 2012 Undergraduate Student of Program in Resouorce and
Environmental Economics
College
Program of Economics and Management
Bogor
Agricultural University
Notes On Consumer Behavior (Class IKK 231), on 21th feb 2013
Ada tiga
faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen yaitu :
- Perbedaan individu
- Faktor lingkungan
- Strategi pemasaran
Kepribadian adalah respon seseorang terhadap suatu kejadian.
Beberapa
karakteristik kepribadian :
- Menggambarkan perbedaan individu
- Menunjukkan konsistensi dan berlangsung lama
- Kepribadian bisa berubah
Teori kepribadian (freud)
Ada tiga
konsep dalam teori kepribadian Freud :
- Konsep Id
- Konsep Super ego
- Konsep ego
Teori Neo-Freud (teori sosial psikologi)
Teori
neo-freud menyatakan bahwa yeng membentuk kepribadian adalah lingkungan.
Model kepribadian dan strategi marketing
1. Compliant
Ciri comlpiant
adalah seseorang yang bergantung pada orang lain dicikan dengan selalu mendekat
pada orang sekelilingnya, strategi pemasaran untuk orang yang berkepribadian
seperti ini adalah dengan cara Marketing Group.
2. Aggressive
Ciri orang
yang memiliki kepribadian aggressive adalah orang tersebut memiliki kepercayaan
dan memiliki motivasi untuk memperoleh
kekuasaan. Strategi pemasaran kepada orang yang berkepribadian seperti ini
adalah dengan mengajak ikut sertakannya.
3. Detached
Ciri orang
yang memiliki kepribadian detached adalah orang yang tersebut selalu ingin
bebas dan ingin mandiri. Strategi pemasaran kepada tipe orang seperti ini
adalah dengan melakukan pendekatan pribadi.
Based on Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Lecturers of Consumer Behavior Class Semester Feb – May 2013
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir Lilik Noor Yuliati
Ir. Retnaningsih, MS
Megawati Simanjuntak, SP, MS
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University
Komentar
Posting Komentar