Rahmatullah



Class of  IKK231  2012 Undergraduate Student of Program in Resouorce and Environmental Economics
College Program of Economics and Management
Bogor Agricultural University


Notes On Consumer Behavior (Class IKK 231), on 21th feb 2013


Ada tiga faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen yaitu :
  1. Perbedaan individu
  2. Faktor lingkungan
  3. Strategi pemasaran
    pengertian kepribadian
Kepribadian adalah respon seseorang terhadap suatu kejadian.
Beberapa karakteristik kepribadian :

  1. Menggambarkan perbedaan individu
  2. Menunjukkan konsistensi dan berlangsung lama
  3. Kepribadian bisa berubah

Teori kepribadian (freud)

Ada tiga konsep dalam teori kepribadian Freud :

  1. Konsep Id
  2. Konsep Super ego
  3. Konsep ego

Teori Neo-Freud (teori sosial psikologi)
Teori neo-freud menyatakan bahwa yeng membentuk kepribadian adalah lingkungan.

Model kepribadian dan strategi marketing

1.  Compliant

Ciri comlpiant adalah seseorang yang bergantung pada orang lain dicikan dengan selalu mendekat pada orang sekelilingnya, strategi pemasaran untuk orang yang berkepribadian seperti ini adalah dengan cara Marketing Group. 

 
2.  Aggressive

Ciri orang yang memiliki kepribadian aggressive adalah orang tersebut memiliki kepercayaan dan memiliki  motivasi untuk memperoleh kekuasaan. Strategi pemasaran kepada orang yang berkepribadian seperti ini adalah dengan mengajak ikut sertakannya.
  
3. Detached

Ciri orang yang memiliki kepribadian detached adalah orang yang tersebut selalu ingin bebas dan ingin mandiri. Strategi pemasaran kepada tipe orang seperti ini adalah dengan melakukan pendekatan pribadi.


Based on Based on Consumer Behavior Text Book by Ujang Sumarwan

Picture1Picture2
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Lecturers of Consumer Behavior Class Semester  Feb – May  2013
ž  Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSC (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir Lilik Noor Yuliati
ž  Ir. Retnaningsih, MS
ž  Megawati Simanjuntak, SP, MS
Department of Family and Consumer Sciences
College of Human Ecology
Bogor Agricultural University

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Istihza' Bid Din (Memperolok Agama)

Hubungan Kerja IQ, EQ, dan SQ

“Burdatul Al-Mukhtar”